Rayon APR: Pentingnya Memilih Bahan Kain Ramah Lingkungan

0 Shares
0
0
0

Why Fabric Matters? Pemilihan kain sangatlah penting saat membuat pakaian. Tidak peduli seberapa baik jahitan garmen dibuat jika pakaian tersebut terbuat dari kain yang tidak tepat. Oleh karena itu, pilihlah kain yang tepat untuk pakaianmu. Pentingnya kita kenal lebih jauh dengan bahan apa yang ingin kita beli menjadi cara untuk membantu kita lebih mindful saat melakukan konsumsi. Pengetahuan kita bertambah sehingga kita memiliki opsi / kriteria pembelian lebih baik kedepannya. Because it’s also important to know #whomademyclothes dan dimana bahan itu diproduksi bahkan hingga bagaimana bahan pakaian kita diproduksi. Pakaian yang diproduksi secara berkelanjutan dari hulu hingga ke hilir tentu jauh lebih baik untuk manusia dan lingkungan.

Merek dan jenis kain yang tersedia di pasaran sangatlah banyak, sehingga kita dapat sangat mudah merasa kewalahan dengan banyaknya kain tersebut.

Pertimbangkan berat kain dengan menentukan seberapa berat atau ringan kain tersebut. Jangan khawatir, tidak perlu terlalu detail dalam mengukur berat kain di toko cukup dengan mengetahui ketebalan bahan.Setelah itu, periksa pula keelastisan kain, seberapa lebar kain dapat meregang pastikan tingkat elastisitasnya cocok untuk pola pakaian yang akan dibuat, karena dapat mengubah bagaimana produk akhir cocok dengan tubuh.

Walau demikian, kita dapat juga mempertimbangkan pilihan kain-kain dengan bahan yang lebih berkelanjutan atau sustainable seperti katun organik, linen, hemp/rami, sutera, dan juga viscose rayon APR. Dalam artikel ini kita akan membahas jenis viscose yang mungkin belum terlalu sering terdengar seperti bahan lainnya. Padahal banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh kain ini.

Mengapa Viscose? Karena bahan viscose atau rayon ini lembut dan bernapas seperti kapas dan halus seperti sutra, rayon viscose mengembang indah, memberikan kenyamanan ekstra. Dengan tampilan sutra dan nuansa kapas yang dapat memberikan kenyamanan, breathability, dan daya serap yang sama.

Viscose rayon memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk digunakan sebagai pakaian, namun juga dapat dipakai menjadi kain rumah dan produk kebersihan yang dapat digunakan setiap hari. Kain ini diolah untuk membuat pakaian dalam, pakaian bayi, rok, kemeja dan gaun yang lembut pada kulit serta mudah untuk diwarnai. Di rumah, viscose rayon ini adalah kain yang ideal untuk sprei, handuk, taplak meja, serbet, sampul furniture, tirai, dan tirai tinggi. Nah berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki viscose rayon APR:

1. Alami

Terbuat dari 100% selulosa kayu, rayon viskosa adalah alternatif alami untuk akrilik, poliester, nilon dan kain sintetis berbasis petroleum lainnya. Serat alami dalam rayon-viskosa bersumber dari hutan tanaman industri terbarukan yang dikelola secara berkelanjutan. Sinar matahari dan hujan yang melimpah di iklim khatulistiwa sangat cocok bagi pertumbuhan yang mengesankan sehingga pohon-pohon di hutan taman industri ini dapat dipanen dalam waktu lima tahun.

2. Berasal Dari Sumber Daya Terbarukan

Pasokan kayu kami bersumber dari hutan yang ditanami secara berkelanjutan. Pohon-pohon ini adalah sumber daya terbarukan yang akan tumbuh kembali dalam 5 tahun untuk siklus panen berikutnya, memastikan pasokan bahan mentah yang konstan. Menggunakan serat yang bersumber dari perkebunan terbarukan, energi yang lebih bersih dari pembakaran biomassa, dan mengadopsi proses pemulihan kimia yang kuat menggambarkan kontribusi kami terhadap sirkularitas

3. Komposisi yang dapat terurai

Terdiri dari polimer berbasis tumbuhan alami, rayon viskosa dapat terurai secara alami ke dalam tanah.

4. Nyaman

Viscose rayon adalah alternatif sepenuhnya biodegradable untuk akrilik, polyester, nylon dan kain sintetis berbasis minyak bumi lainnya. Cellulose pulp dari perkebunan yang dikelola secara berkelanjutan dari pohon acacia dan eucalyptus yang tumbuh cepat juga menjadikan viscose rayon sebagai alternatif yang bagus untuk kapas, yang ditanam di lahan pertanian dengan menggunakan air dalam jumlah besar. Permintaan viscose rayon semakin meningkat karena orang hanya menginginkan yang terbaik menyentuh kulit mereka.

Photo by APR Rayon

Di Indonesia, ada lho produsen viscose fibre yang terintegrasi bernama Asia Pacific Rayon (APR). APR ini adalah produsen rayon viscose pertama yang terintegrasi di Asia dari perkebunan hingga proses produksi dilakukan dengan kapasitas 240.000 ton. Berlokasi di Pangkalan Kerinci dengan Asia Pacific Resources International Limited (APRIL), perusahaan ini dikelola oleh RGE yang didirikan oleh Sukanto Tanoto pada tahun 1973. APR menghasilkan biodegradable viskosa rayon alami yang digunakan dalam produk tekstil juga menjadi salah satu pabrik terbaru dan dengan desain terbaik di dunia. Selain itu, memiliki visi kuat dalam menciptakan nilai bagi Masyarakat, Negara, Iklim, Pelanggan, dan Perusahaan. Sehingga apapun yang dilakukannya harus “baik untuk Masyarakat, baik untuk Negara, baik untuk Iklim, baik untuk Pelanggan dan baru kemudian akan baik untuk Perusahaan”.

Photo by APR Rayon

Nilai keberlanjutan sangat penting bagi APR, karna APR sangat percaya pada nilai peningkatan dan transparansi yang berkelanjutan dalam memandu upaya keberlanjutan kami dan keterlibatan dengan pemangku kepentingan melalui dialog terbuka. Untuk bahan baku diambil dari sumber serat kayu perkebunan dan hutan yang dikelola secara lestari dan transparan. Say no to deforestation!  Selain itu, APR menerapkan clean manufacturing yaitu produksi yang dioperasikan di kuartil teratas dari viscose manufacturing di area pengurangan pancaran greenhouse gas (GHG), meningkatkan perbaikan carbon disulphide (CS2), dan pengelolaan air limbah sesuai dengan praktik industri terkemuka.APR percaya bahwa dimanapun kami beroperasi, kami harus membantu masyarakat sekitarnya dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan mereka. Sehingga APR pun turur berkomitmen untuk meningkatkan standar kehidupan mereka dengan berfokus pada pekerjaan, kesehatan dan pendidikan. Waah ternyata banyak sekali yaa langkah menuju keberlanjutan yang sudah APR terapkan sebagai produsen kain viscose!

Saat #BelajarJadiMinimalis kamu mungkin akan lebih peka dan lekat dengan sustainability untuk kriteria pembelian barang termasuk juga saat mengkonsumsi produk fashion. Tak hanya berpikir tentang seberapa banyak yang harus dimiliki, tapi juga lebih mindful dalam memilih barangnya. Sekarang tentu sudah tidak ragu lagi yaa untuk beralih pada bahan-bahan kain yang lebih sustainable? Lewat sustainable fashion kita belajar #BijakBerkonsumsi menjadi konsumen yang bisa memilah kain apa yang akan kita gunakan. Salah satunya dengan mempertimbangkan kain dengan jenis viscose dari APR yang sudah terjamin kualitasnya ini. Selamat mencoba!

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like