Buku, Youtube Channel & Podcast Referensi #BelajarJadiMinimalis

0 Shares
0
0
0

Gaya hidup minimalis pelan-pelan sudah mulai dikenal di Indonesia. Lewat #BelajarJadiMinimalis dan mulai banyak teman-teman yang sudah menyatakan diri untuk mau mempelajarinya, gaya hidup minimalis mulai banyak dilirik berbagai pihak. 

Bagi teman-teman yang baru saja mau memulai mempelajari gaya hidup minimalis, akan muncul beberapa pertanyaan dasar seperti, “Harus darimana memulainya?” Padahal, mengutip kalimat Joshua & Ryan Nicodemus dari The Minimalists kalau sebenarnya tidak ada buku atau aturan khusus yang bisa benar-benar dijadikan referensi gaya hidup minimalis. Ya, kami setuju dengan hal ini, untuk #BelajarJadiMinimalis, seseorang hanya tinggal memahami konsep minimalisme dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kepribadian masing-masing. Tidak ada aturan harus menyimpan atau memiliki barang dalam jumlah X atau harus menggunakan barang hanya warna X saja. 

Meskipun tidak ada aturan pasti dalam gaya hidup minimalis, ada beberapa referensi buku, podcast dan youtube channel yang bisa teman-teman lihat untuk memberikan gambaran mengenai gaya hidup ini. 

Berikut adalah referensi buku-bukunya

Seni Hidup Minimalis – Francine Jay

goodreads.com

Buku ini sangat cocok untuk teman-teman yang baru mau #BelajarJadiMinimalis. Buku ini banyak bercerita tentang pola pikir minimalis, metode STREAMLINE dimana isinya (Start Over, Trash Treasure Transfer, Reason of each item, All surfaces clear, Modules, Limits, If one comes in one goes out, Narrow dow, Everyday maintenance), dan juga menjelaskan korelasi antara menjadi minimalis bisa menyelamatkan dunia dan generasi setelah kita. Buku ini bisa dibilang cukup menjadi payung besar bagi gaya hidup minimalis. 

Download e-book 

Goodbye Things, Hidup Minimalis Ala Orang Jepang – Fumio Sasaki

Gramedia Digital

Buku ini menceritakan pengalaman seorang lelaki Jepang yang merasa hancur dan putus asa akan hidupnya. Bermain game dan minum-minum di sebuah kamar yang cukup besar tapi karena semuanya berantakan, kamar tersebut terasa sangat kecil. Ia lalu mengenal gaya hidup minimalis dan berhasil mengubah hidupnya. Selain itu, ia juga memberikan tips-tips yang mungkin belum didapat di buku Francine Jay. Bisa dibilang memang isi dari buku ini tidak se-praktis buku Francine Jay dengan Metode STREAMLINE-nya atau buku milik Marie Kondo. Tapi ini bisa dijadikan acuan. Khususnya untuk teman-teman yang merasa hidupnya berat. Karena bisa jadi kehidupan yang terasa berat itu berasal dari barang-barang di sekitar kita yang berantakan dan tidak termanfaatkan.

Download e-book 


Life-Changing Magic of Tidying Up – Marie Kondo

goodreads.com

Sebenarnya buku ini tidak terlalu banyak membahas terkait gaya hidup minimalis itu sendiri sih karena bisa dibilang buku ini lebih memperkenalkan kita akan teknis-teknis berbenah rumah secara besar-besaran. Jika dihubungkan dengan buku Francine Jay yang berjudul Seni Hidup Minimalis, Metode KonMarie yang diberikan oleh Marie Kondo ini lebih seperti start over-nya atau langkah awal kita menjadi seorang minimalis lewat decluttering. Selain membahas soal metode KonMarie yang cocok digunakan untuk berbenah ruangan, buku ini juga membahas pengalaman masa lalu seorang Marie Kondo. 

Download e-book 


Bukan hanya buku, ada juga Youtube channel yang bisa teman-teman jadikan referensi untuk mulai #BelajarJadiMinimalis, seperti:

Matt D’Avella 

Channel itu membahas tentang hidup minimalis. Jika lewat buku masih belum terbayang realitas seorang minimalis seperti apa, channel ini bisa jadi jawabannya. Banyak video tentang hidup minimalis di channel ini, mulai dari digital minimalism, living with a non-minimalist, sampai hal-hal yang membuat kita semakin produktif. Pembawaannya pun ringan dan mudah dimengerti. 

CKSpace

Channel ini milik seorang praktisi minimalis dari Singapore bernama Chengkiiit. Channel ini sedikit banyak memberikan gambaran dan pengetahuan baru terkait teori-teori minimalisme yang belum ditemukan di buku-buku yang sudah disebutkan di atas. Cheng Kit menjelaskannya dalam bentuk video yang mudah dipahami dan estetik untuk dilihat.

The Minimalist

The Minimalist Youtube channel adalah jawaban dari keingintahuanmu atas gaya hidup minimalis yang tidak hanya seputar beberes. The Minimalist membahas gaya hidup minimalis dari berbagai sisi, keuangan, hubungan, benda dan lainnya. Tidak hanya menjelaskan teori, The Minimalist lebih senang menjelaskan berdasarkan pengalaman dan praktik gaya hidup sehari-hari yang pastinya akan lebih mudah diterima dan dimengerti semua kalangan. 

Muriel Imron

Muriel adalah seorang praktisi minimalis sekaligus founder dari Zero Waste Indonesia. Ia menjalani gaya hidup minimalis dan minim sampah sekaligus. Dalam Youtube channelnya, Muriel sering berbagi soal cerita menjalani gaya hidup minimalis, minim sampah dan self growth. Pembawaannya sangat santai dan tenang, cocok untuk teman-teman yang baru mau tahu soal minimalisme dari orang Indonesia. 

Fany Sebayang

Fany Sebayang adalah seorang praktisi minimalis di Indonesia yang sering membagikan cerita dan kiat-kiat gaya hidup minimalisnya lewat video Youtube. Tidak hanya soal minimalisme, Fany juga kerap berbagi soal kehidupannya yang begitu teratur, seperti gaya hidup sehat, menabung dan sebagainya. Untuk teman-teman yang ingin melihat referensi tokoh minimalis dari Indonesia, bisa dilihat juga channelnya Fany Sebayang ya. 


Buku sudah, Youtube channel sudah, sekarang kita akan memberikan referensi podcast yang bisa teman-teman dengar seputar #BelajarJadiMinimalis. 

Lyfe With Less

Kami sering membagikan cerita seputar gaya hidup minimalis dan segala hal yang berkaitan dengannya. Beberapa kali juga memperdengarkan perbincangan dengan beberapa narasumber yang sedang menjalani #BelajarJadiMinimalis seperti Angela Gilsha dan Astri Puji Lestari. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui minimalisme lebih jauh dari podcaster Indonesia, bisa mampir ke podcast kami ya. Tersedia di Spotify, Anchor, Breaker dan Google Podcast. 

The Minimalist

Podcast The Minimalist tidak hanya ada di spotify atau Apple Podcast, mereka juga menyiarkannya di Youtube. Sampai sekarang sudah ada sekitar 200 episode lebih yang membahas tentang minimalis dari beragam sisi. Podcast ini cocok didengarkan sembari melakukan perjalanan panjang karena durasi setiap episodenya bisa lebih dari 40 menit per episode. 

Jadi, mana yang mau kamu lihat terlebih dahulu teman-teman untuk #BelajarJadiMinimalis? Jangan lupa untuk selalu memelajari terlebih dahulu konsepnya agar teman-teman bisa dengan mudah menerapkannya di kehidupan sehari-hari ya. 

Selamat #BelajarJadiMinimalis! 


#BelajarJadiMinimalis diinisiasi oleh Lyfe With Less, merupakan ajakan kepada teman-teman yang tertarik mengenal dan mempelajari gaya hidup minimalis di Indonesia.

Lebih banyak informasi dan sharing mengenai gaya hidup minimalis di Indonesia bisa kamu ikuti di Instagram @lyfewithless. Dengarkan juga podcast Lyfe With Less di Spotify, Anchor, Google Podcast, Radio Public dan Breaker.


Tulisan ini hasil karya kontributor kami, Ryan Kagura Fryzky.

Editor: Cynthia S Lestari.

Tertarik menjadi kontributor kami? Kunjungi link berikut untuk menulis atau email draftmu ke hi.lyfewithless@gmail.com dengan subject: CONTRIBUTOR – NAMA.

0 Shares
4 comments
  1. Meaningful Minimal juga salah satu content creator di youtube yang menerapkan konsep hidup minimalis dan ternyata banyak juga yang terinspirasi olehnya. Walaupun dalam video, dia tidak talking about minimalis, tapi video yang dinilai cukup mengimplikasikan gaya hidup minimalis, videonya pun menarik, karena terlihat natural, sederhana dan apa adanya. Dengan barang-barang dirumahnya yang sangat essential dan lebih mengutamakan fungsi, bukan hanya sekedar aesthetic 🙂

      1. Di emailnya kak, pernah dishare dicomment section yutubnya. Btw kak, saya mau download ebooknya kak, mohon di acc. Terimakasih 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Minimalism ThoughtGaya Hidup Minimalis, Bikin Lebih Hemat atau Lebih Boros?

Gaya hidup minimalis seringkali dikaitkan dengan hidup berhemat. Namun sebenarnya konsep hidup minimalis berbeda dengan menjalani hidup hemat. Minimalisme lebih berfokus kepada segala sesuatu yang bermanfaat dan berarti terlepas dari nilai materialnya. Sedangkan, hidup berhemat, merupakan kondisi dimana seseorang mempunyai kesadaran yang tinggi terhadap pengeluaran finansialnya dan memiliki prioritas keuangan.

Minimalism Thought4 Mindset untuk Memulai Financial Minimalism

Dalam menjalankan Financial Minimalism, selain fokus kepada pengeluaran esensial, lebih baik juga jika kita meninggalkan kebiasaan buruk yang mengganggu kondisi keuangan. Setelahnya, menggantinya dengan kebiasaan baru yang lebih baik. Dengan memiliki mindset & habit yang sehat, maka setiap keputusan & cara pandang kita akan lebih terarah kepada tujuan yang ingin kita capai. Mindset yang baik pun akan menuntun kita secara tidak sadar untuk mempunyai kebiasaan-kebiasaan kecil yang secara otomatis menuntun kita ke kondisi yang lebih baik.