Cerita #BelajarJadiMinimalis Dari Angela Gilsha

0 Shares
0
0
0

Something wrong with the title? Dunia hiburan dan gaya hidup minimalis dipandang sebagai dua kubu yang kontradiktif. Kita melihat bahwa pemain peran di dunia hiburan identik dengan glamorous life, sering berganti-ganti fesyen dan sepertinya sulit jika harus menerapkan gaya hidup minimalis di kehidupan sehari-hari karena mereka harus selalu tampil keren, dalam artian tidak boleh terlihat menggunakan baju yang sama di setiap kesempatan.

Namun, paradigma ini ternyata tidak berlaku bagi seorang Angela Gilsha. Aktris satu ini sangat tertarik dengan gaya hidup minimalis dan gaya hidup minim sampah. Ia bahkan menyertakan tagar #minimalist dan #tolaksekalipakai di Instagramnya untuk menguatkan prinsip yang sedang dijalaninya saat ini.

https://www.instagram.com/angelagilsha/

Awalnya, Angela membuat video IG TV yang memperlihatkan dirinya sedang menceritakan gaya hidup minimalis dan melakukan decluttering lemari bajunya di bulan Oktober 2019. Followers dan fans Angela sendiri merespon positif apa yang ia lakukan dan hingga saat ini mereka selalu tag @AngelaGilsha saat mereka melakukan decluttering atau menjalani gaya hidup minim sampah.

Hari Minggu, 5 Januari 2020 lalu, Lyfe With Less berkesempatan untuk berbincang dan membantu Angela melakukan decluttering di kediamannya. Kami berhasil mengeluarkan beberapa sepatu dan baju-baju dari lemari Angela untuk dijual kembali dengan harga sangat murah dan didonasikan jika tidak habis.

Angela Gilsha dan koleksi sepatunya sebelum decluttering

Berikut adalah hasil perbincangan kami;

Boleh cerita tentang awal #BelajarJadiMinimalis?

Kita tuh pasti selalu sadar saat kita nggak ada uang. Ada satu titik di mana aku merasa “Uang gue kemana aja sih kok segini doang sih?” Dan saat itu pas banget endorseku juga lagi sepi banget. Karena biasanya uang endorse aku pakai untuk jajan dan shopping. Karena honor ke orang tua, jadi endorse yang digunakan untuk shopping dan traveling. Pada saat aku lagi kosong banget dan banyak pengeluaran, aku akhirnya buka lemari dan melihat bajuku gini-gini aja. Ada yang udah dibeli terus dipake sekali, ada yang abis beli ga dipakai lagi diam di lemari. Ternyata 3 tahun lalu aku pindah ke Jakarta kebiasaanku sudah seperti itu. Ke Mall, belanja, beli begitu seterusnya. Auto aja jadinya. Apalagi setiap hari Minggu gerejaku di atas Senayan City, jadi setelah gereja ada aja yang kubawa pulang. Sepatu juga begitu, aku biasa beli di online shop. Kalau lihat ada yang lucu, beli, pesen.

Aku dulu sempat melihat ada orang minimalis di Youtube, dan karena aku tertarik dengan zero waste aku juga sempat melihat ada artikel tentang minimalist lifestyle namun saat itu aku belum tertarik menjalaninya. Sampai akhirnya aku buka lemariku aku sadar bahwa baju yang kupakai itu-itu doang, lihat sepatu dan lihat barang-barang yang tidak kupakai aku jadi berpikir, “Apa aku coba jadi minimalis kali ya?”. Ya.. logikanya selama ini baju yang kupakai itu-itu lagi terus yang lainnya malah mengendap di lemari dan tidak berguna sama sekali, ujungnya rumah jadi berantakan. Jadi bulan Oktober aku sortir dan kubuat videonya.

Fans juga interest banget melihatnya, karena sebelum aku membuat IG TV aku pernah membuat sesi Q&A di Instagram dan ada yang bertanya “Bagaimana sih cara irit?” terus aku jawab sekarang aku mencoba belajar jadi minimalis. Akhirnya karena mereka interest juga, aku jadi semakin semangat untuk menyuarakannya karena aku juga senang banget berbagi cerita soal lifestyle yang membuat aku lega, ringan dan sekarang kalau ke mall aku melihat store jadi malas masuk dan merasa tidak ada keinginan untuk membeli kalau tidak kubutuhkan. Biasanya kalau melihat diskon langsung semangat beli, sekarang engga. Temen-temen juga heboh soal Black Friday tapi.. hmmm it doesn’t interest me.

Kalau online shop bagaimana?

Aku kebetulan gila sneakers dan biasanya aku beli di online shop. Jadi aku unfollow semua. Karena racun banget, aku sudah stop beli sneakers karena aku lihat sepatuku udah banyak dan masih bagus. Aku gila VANS sih sebenernya hehehe jadi aku unfollow online shopnya biar engga keracunan lagi.

Angela Gilsha menyortir sepatu-sepatunya

Siapa sih inspirasi Angela Gilsha dalam menjalani gaya hidup minimalis?

Aku pernah menonton di Netflix, The Minimalist. Sama sih sebenernya, berawal dari stress dan lebih lega karena sudah tidak ada keterpaksaan dan keterikatan berlebihan terhadap barang. Aku sekarang berpikir, oke ini sudah tidak aku pakai, lebih berguna untuk orang lain.

Apa challenge terberat dalam menjalani gaya hidup ini?

Untuk awal-awal pasti berat ya let go barang-barang yang sering kita pakai. Jadi masih ada rasa sayang saat melepaskannya. Tadi aja pas decluttering sepatu ada perasaan hmmm…

Kemarin, saat kita sharing miskonsepsi gaya hidup minimalis, banyak yang bilang bahwa gaya hidup minimalis itu complicated. Kalau menurut Angela sendiri bagaimana?

Engga sama sekali. Complicated untuk orang yang belum siap berubah kali ya, yang shopaholic gila belanja. Aku juga dulu suka belanja cuma sekalinya belanja engga yang berjuta-juta dikeluarin buat belanja. Kalau ada yang lucu beli. Aku membudgetkan belanja sometimes.

https://www.instagram.com/angelagilsha/

Aku bertanya ke hal yang agak sensitif, gaya hidup minimalis itu kontradiktif dengan kehidupan aktris yang setiap hari harus tampil. Anggapan di luar sana, artis itu harus pakai baju berbeda-beda, bahkan ada media yang memberitakan ketika artis menggunakan baju yang sama. Sekarang Angela menjalani hal ini, yang dinilai kontradiktif. Bagaimana pendapat Angela?

Jujur dulu setiap ada meet & greet atau acara apapun aku selalu beli baju baru. Sekarang, sepertinya udah 3-4 kali meet & greet aku bisa menggunakan baju yang sudah pernah digunakan sebelumnya dan it’s fine sih. Selama aku bisa mix & match, aku bisa ganti-ganti tanpa terlihat bajunya itu-itu saja. Kalau syuting wardrobe pun disediakan. Aku kan juga engga ada asisten jadi enggak mau ribet, datang ke lokasi, make up dan baju sudah disediakan.

Kalau pergi ke acara-acara formal, ulang tahun, kondangan.. kebetulan aku kurang suka datang ke acara-acara kondangan gitu hehehe kalau butuh banget aku bisa nyewa.

https://www.instagram.com/angelagilsha/

Tapi, ada engga sih yang julid ke kamu mengenai gaya hidup ini?

Enggak ada sih, animonya positif banget. Paling yang masih penasaran sama minimalis, suka nanya “Kak kalo dijulidin gimana? pake bajunya itu-itu aja” aku tinggal bilang, “Aku punya mesin cuci”.

Sharing tips dong, untuk teman-teman di rumah dan teman-teman di kalangan aktris yang mau #BelajarJadiMinimalis

Pertama, mengubah gaya hidup ini tidak mudah. Tipsnya jadi diri sendiri aja, lakukan yang nyaman untuk kamu. Kalau belum menemukan alasan kuatnya mengubah gaya hidup minimalis ya jangan dilakukan. Untuk teman-teman di entertainment, enggak perlu selalu beli baju baru. Kita bisa mix & match, styling, jadi kita tetap keliatan nggak pakai outfit yang sama.

Apa sih outfit yang paling essential untuk Angela Gilsha?

Setelah mengubah style, aku lebih suka pakai cullotes, baju-baju longgar, cardigan, tank top.

https://www.instagram.com/angelagilsha/

Dari hasil decluttering baju dan sepatu Angela, kami berhasil menjual keseluruhannya hingga habis hanya dalam periode satu hari. Selain bisa memerlambat baju dan sepatu jadi limbah fashion, membeli preloved fashion juga akan memerpanjang “hidup” dari suatu barang. Karen apa yang sudah tidak lagi kamu pakai, bisa jadi bermanfaat dan dicintai oleh orang lain.

Kira-kira selanjutnya siapa lagi ya yang akan kami declutter? Coba berikan saran dan share di kolom komentar ya.


#BelajarJadiMinimalis dan #DeclutteringDay diinisiasi oleh Lyfe With Less, merupakan ajakan kepada teman-teman yang tertarik mengenal dan mempelajari gaya hidup minimalis di Indonesia.

Lebih banyak informasi dan sharing mengenai gaya hidup minimalis di Indonesia bisa kamu ikuti di Instagram @lyfewithless. Dengarkan juga podcast Lyfe With Less di Spotify, Anchor, Google Podcast, Radio Public dan Breaker.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like