Dr. Bronner’s Castile Soap, Sabun Organik Multifungsi untuk Kamu yang #BelajarJadiMinimalis

0 Shares
0
0
0

Berbicara soal sabun, sebagai manusia kita membutuhkannya untuk membersihkan berbagai macam kotoran di kehidupan sehari-hari. Karena kita membutuhkannya, banyak sekali produsen sabun yang membuat berbagai macam tipe sabun untuk beragam kegunaan. Kita bisa jumpai saat ini banyak sekali produk sabun yang kita gunakan, padahal fungsi dari semua sabun tersebut sama. Sebutlah saja sabun cuci piring, sabun cuci buah dan sayur yang food grade, sabun mandi dewasa, sabun mandi bayi dan sebagainya. Coba hitung ada berapa jenis sabun yang ada di rumahmu?

Saat #BelajarJadiMinimalis tentunya kita selalu ingin mencari barang yang multifungsi, agar bisa hemat waktu, tempat dan uang. Nah salah satu yang bisa kamu coba juga adalah sabun multifungsi, castile soap! Sabun dengan bahan dasar minyak nabati alami ini dibuat secara tradisional tanpa bahan kimia sintetis, sehingga kandungannya ramah digunakan untuk berbagai tujuan. Nama castile itu sendiri diambil dari wilayah Castile yang berada di Spanyol. Pada awalnya castile soap ditemukan di daerah Mediterania, lalu tersebar ke seluruh Eropa dalam bentuk batangan dan terus berkembang hingga saat ini. Sabun ini sangat membantu untuk kita menghemat tempat, uang, dan mengurangi jumlah sampah karena banyaknya jenis sabun yang sebelumnya kita miliki. (Sumber: https://zerowaste.id/easy-swap/cara-menggunakan-castile-soap/)

Lalu minyak apa saja sih yang terkandung dalam castile soap?

  1. Minyak kelapa dan kelapa sawit dengan kandungan asam lemak dan laurat yang tinggi, berfungsi untuk menghasilkan busa dalam jumlah yang banyak sehingga tidak lagi memerlukan bahan pembusa sintetis.
  2. Minyak zaitun yang mengandung asam oleatnya yang tinggi sehingga dapat menghasilkan busa yang sangat lembut sekaligus dapat melembabkan kulit.
  3. Minyak jojoba yang sangat mirip dengan minyak alami kulit, minyak ini bertindak sebagai kondisioner kulit alami. Selain itu pada castile soap batangan minyak sawit inti biasa digunakan karena kandungan asam lemak stearatnya yang tinggi dapat membuat sabun sangat berbusa dalam bentuk padat.

Sebetulnya banyak lho fungsi dari castile soap yang bisa dipakai di rumah, bahkan dengan produk castile soap dari Dr Bronner’s Indonesia, disebutkan ada 18 kegunaan dalam satu jenis sabun! Lima diantaranya adalah body wash, hand wash, face wash, soap for baby dan fruit and veggies. Nah, manfaat inti dari penggunaan castile soap untuk tubuh adalah dapat digunakan secara aman untuk badan maupun wajah, lalu berbagai jenis kulit dari bayi hingga dewasa. Selain fungsi membersihkannya untuk mengangkat sel kulit mati, komedo, dan menjaga kadar sebum di dalamnya, sabun ini juga dapat menghidrasi, mengencangkan pori-pori, dan mengencangkan kulit. Sehingga kulit pun terasa bersih dan lembab tanpa meninggalkan residu apapun. Selain itu, castile soap juga sangat berguna untuk membersihkan bahan makan dari mulai sayur hingga buah. Kandungan alaminya dapat mengangkat segala jenis kotoran pada permukaan, tanpa meninggalkan residu berbahaya saat mengolahnya menjadi makanan ataupun masakan. Sabun multifungsi dengan kandungan alami ini, berkualitas dan ramah lingkungan, bahkan air bekas mandi atau cuci muka saja bisa langsung digunakan kembali untuk menyiram tanaman lho.

Sekarang, cari tau cara penggunaan castile soap sebagai sabun multifungsi di rumah yuk! 

Untuk mulai beralih pada sabun multifungsi ini kamu bisa membeli produk Pure Castile Soap, Dr Bronner’s.

Sabunnya pun tersedia dengan berbagai ukuran dan varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Castile soap juga bisa diolah dengan berbagai cara untuk banyak kegunaan seperti berikut (https://www.drbronner.com/all-one-blog/2017/06/dilutions-cheat-sheet-dr-bronners-pure-castile-soap/):

  1. Body Wash

Gunakan satu semprotan kecil Pure-Castile Liquid Soap tanpa perlu dilarutkan dalam air pada kain basah. Setelah itu oleskan ke seluruh tubuh dalam keadaan yang basah. Gosok-gosok anggota tubuh hingga seluruh bagian terasa bersih dan segar. (https://www.lisabronner.com/simplifying-the-shower/)

  1. Hand Wash

Untuk membuat sabun muka, campurkan 2 sendok makan castile soap dengan 350ml air lalu bisa ditambahkan pula ½ sendok essential oil atau carrier oil. Busakan sabun pada tangan, aplikasikan ke seluruh permukaan tangan dan bilas hingga bersih.

  1. Face Wash 

Untuk membersihkan wajah, ambil sekitar tiga tetes Tea Tree Pure-Castile Soap, lalu oleskan pada tangan dan basahi dengan air hangat. Jika menggunakan Castile Bar Soap, usapkan sabun batangan pada tangan atau kain lap yang basah. Kemudian oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar yang lembut. Gunakan kain lembab apabila tidak mengiritasi kulit lalu tutuplah mata. Setelah beres bilaslah wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk yang lembut. (https://www.lisabronner.com/i-wash-my-face-with-castile-soap/)

  1. For Baby 

Untuk pemakaian sabun pada bayi, gunakanlah lap basah yang lembut. Bagian wajah dapat dibasuh tanpa menggunakan sabun, namun bagian tubuh dapat dibersihkan menggunakan Pure-Castile Liquid Soap. Kain lap sangat membantu untuk menghemat penggunaan sabun dan mengontrolnya saat digunakan pada bayi. Bilas sabun perlahan karena sabun sangat mudah dibilas. (https://www.lisabronner.com/using-castile-baby-mild-soap-on-babies/)

  1. Cleaning Fruit and Veggies

Salah satu masalah dengan membeli produk sayur dan buah konvensional adalah adanya residu pestisida bahkan lapisan lilin pada permukaannya. Kotoran ini tentu berbahaya bila tidak dibersihkan dan termakan, sehingga perlu dibersihkan. Gunakanlah sabun Sal Suds Biodegradable Cleaner dari Dr. Bronner untuk menghilangkan kotoran pada sayur dan buah. Caranya gunakan satu tetes sabun dalam semangkuk air, lalu rendam dan gosok permukaannya. Sabun ini tidak meninggalkan residu berbahaya, sehingga bahan makanan dapat dimasak atau pun dimakan langsung tanpa perlu khawatir. (https://www.lisabronner.com/washing-produce-with-dr-bronners/)

Dr Bronner’s adalah merek produsen pembuat castile soap yang sudah terkenal sejak lama. Merek dengan semangat gerakan perdagangan organik dan adil ini membuat pure castile soap untuk berbagai fungsi dengan kualitas terbaik juga berkomitmen pada produk yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. All in one! Formulanya vegan, Non-SLS/SLES menjadikannya biodegradable, dikemas dengan 100% botol daur ulang, tidak diuji pada hewan, vegan, dan non-GMO sehingga ramah bagi lingkungan. Wah lengkap juga yaa tujuan bisnis, produk, hingga manfaat dari magic soap Dr.Bronner’s ini nggak tanggung-tanggung ada 18 fungsi hanya dalam 1 botol sabun. Belum lagi setiap produknya sudah tersertifikasi oleh berbagai lembaga sertifikasi yang berkaitan dengan keberlanjutan dan kesejahteraan alam. Literally a whole package!

Nah itu dia solusi alternatif penggunaan sabun di rumah dengan castile soap. Sejauh ini beralih menggunakan castile soap dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meminimalisir kebutuhan sabun bagi kamu yang sedang #BelajarJadiMinimalis. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai beralih pada produk-produk yang lebih multifungsi untuk mengurangi clutter dan meminimalisir keruwetan yang ada. Eits selain sabun magic, Dr. Bronner’s juga menawarkan produk-produk berbahan dasar natural dan organik lainnya seperti hand sanitizer dan lipbalm. Ingat untuk selalu #BijakBerkonsumsi dan membeli produk dengan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan diri masing-masing yaa!


0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

#PakaiSampaiHabisProduk Langsung atau Trial Kit?

Pernahkah terbesit di dalam pikiranmu apakah lebih baik kita membeli produknya secara langsung (full size) atau membeli dalam ukuran kecil (trial kit/ travel size)? Pada artikel ini kita akan bersama – sama mencari tahu bagaimana menentukan keputusan untuk membeli produk langsung atau trial kit terlebih dahulu.