Produk Langsung atau Trial Kit?

0 Shares
0
0
0

Pernahkah terbesit di dalam pikiranmu apakah lebih baik kita membeli produknya secara langsung (full size) atau membeli dalam ukuran kecil (trial kit/ travel size)? Pada artikel ini kita akan bersama – sama mencari tahu bagaimana menentukan keputusan untuk membeli produk langsung atau trial kit terlebih dahulu.

Pertama, ketahui perbedaan produk full size dan trial kit/ travel size. Kita harus mengetahui perbedaan produk langsung (full size) dan produk dengan ukuran kecil (trial kit/ travel size). Produk langsung adalah produk yang dijual dalam kemasan standar. Sedangkan produk dengan ukuran kecil adalah produk yang dijual dengan ukuran yang lebih kecil dan biasanya bisa dibawa kemana-mana dengan mudah karena ukurannya yang kecil. Contohnya adalah sabun cuci muka. Beberapa produsen memberikan kapasitas sebesar 100ml untuk produk tersebut dan ada juga ukuran yang kecil yaitu 50ml, ukuran ini lebih kecil dari kapasitas aslinya. Ukuran yang kecil diberikan sehingga kita bisa membawa produk tersebut kemanapun dengan lebih mudah.

Ukuran yang kecil juga mempermudah kita dalam mencoba suatu produk tanpa mengeluarkan biaya yang tinggi dan memperkecil peluang untuk tidak terbuang dengan percuma produk tersebut karena kondisi fisik kita yang tidak cocok dengan produk tersebut.

Kedua, ketahui kondisi fisik kita. Kondisi fisik yang dimaksud adalah jenis kulit yang kita miliki dan beberapa reaksi alergi yang pernah kita alami. Hal ini tentu menjadi pertimbangan utama dalam memilih produk kecantikan. Jika kita mengetahui kondisi fisik kita, akan lebih mudah bagi kita untuk mempertimbangkan keputusan dalam membeli produk langsung atau produk ukuran kecil.

Ketiga, pertimbangkan typical behavior of human choices yaitu memilih produk berdasarkan ulasan. Kebiasaan manusia dalam memilih suatu produk berdasarkan ulasan dan informasi yang kamu dapatkan dari seseorang, berarti kamu telah memilih sebuah informasi yang memang akan diterima sebagian besar manusia. Ulasan diberikan oleh seseorang yang telah menggunakan produk tersebut dan mendapatkan hasil positif ataupun negatif. 

Hasil ulasan sangat mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli suatu produk kecantikan, didasari oleh ketidaktahuan seseorang dalam mendapatkan informasi. Sehingga kita akan melakukan research and review ketika kita tidak tahu dan biasanya akan mencari informasi tersebut di kanal Youtube yang memberikan informasi lebih jelas dari beberapa reviewer yang sudah pernah menggunakan barang tersebut.

“Kak, bagaimana kalau produk yang kita cari tidak ada di kanal Youtube?”, ini bisa diakali dengan mendatangi tempat penjualan barang tersebut atau mencarinya di situs pencarian lainnya. Research and review adalah salah satu bagian terpenting sebelum kita bisa menentukan apakah akan membeli produk langsung atau trial kit.

Setelah kita mendapatkan semua poin di atas, yaitu mengetahui arti produk langsung dan ukuran kecil, kondisi fisik kita, riset dan ulasan, maka kita berada di tahap terakhir, yaitu kelebihan dan kekurangan dari produk langsung dan produk trial kit/travel size.

Baca Juga

Kelebihan produk langsung (full size) adalah harga yang murah dengan volume lebih besar. Harga yang lebih murah, harga merupakan salah satu faktor penentu dalam pembelian produk. Harga produk langsung akan lebih murah dibandingkan jika kita membeli produk dalam ukuran kecil (trial kit/ travel size product) dalam sisi volume produk. Selain itu volume lebih besar, tentu produk langsung akan memberikan volume yang lebih besar dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama dan efisien.

Kekurangan produk langsung (full size) adalah terkadang ukuran yang besar membuat produk tersebut tidak dapat kita bawa kemana-mana karena akan menempati ruangan yang lebih besar daripada produk dengan ukuran yang kecil.

Kelebihan produk dengan ukuran kecil (trial kit/ travel size product) adalah volume yang kecil membuat produk ini lebih mudah dan praktis untuk dibawa kemana-mana karena tidak menempati ruangan yang banyak. Kemudian dengan volume yang lebih kecil membuat kita bisa mencoba terlebih dahulu produk tersebut dan meminimalisir terbuang dengan percuma produk tersebut apabila produk tersebut ternyata tidak cocok dengan kondisi fisik kita.

Kekurangan produk dengan ukuran kecil (trial kit/ travel size product) adalah harganya yang lebih tinggi dengan volume yang kecil. Harga yang lebih mahal, ini berdasarkan survei ya kakak sekalian. Jika kita melihat produk yang sama namun dijual dalam kemasan yang kecil, kita akan mendapati dengan banyak bahwa produk ukuran kecil akan dijual dengan harga yang lebih mahal dari segi volume. Volume lebih kecil, loh bukannya tadi volume lebih kecil merupakan salah satu kelebihannya ya kak? Iya benar sekali! Tetapi volume yang lebih kecil dan datang dengan ukuran yang kecil sangat memungkinkan barang tersebut mudah hilang karena kecilnya ukuran produk tersebut. Sehingga perlu ditempatkan secara khusus untuk menghindari hilangnya produk tersebut. Dan terkadang beberapa kualitas produk dengan ukuran kecil memang dibuat lebih rendah karena didesain untuk penggunaan jangka pendek, sehingga produk ini umumnya akan habis dalam kurun waktu 1 bulan.

Nah, setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk, teman-teman diharapkan bisa memilih dengan bijak jenis produk yang akan digunakan. Dan jangan lupa, untuk tetap #PakaiSampaiHabis suatu produk sebelum membeli produk lainnya. Jadi, apakah kalian akan membeli produk langsung atau trial kit terlebih dahulu.


Tulisan ini hasil karya kontributor kami, Jeff Vernando

Editor: Sarah Safira Sofiani & Cynthia S Lestari.

Tertarik menjadi kontributor kami? Kunjungi link berikut untuk menulis atau email draftmu ke hi.lyfewithless@gmail.com dengan subject: CONTRIBUTOR – NAMA.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like